Detail Berita

BY BAGIAN HUKUM KABUPATEN KUDUS

DI GUNAKAN UNTUK APA DANA HASIL CUKAI…..?

DI GUNAKAN UNTUK APA DANA HASIL CUKAI…..?

Hukum Setda Kudus- Sosialisasi ketentuan bidang cukai terus berlanjut di Desa prambatan Kidul senin kmaren dan Pramatan Lor, sosialisasi yang di selenggarakan oleh Bagian Hukum Setda Kudus ini mengundang 50 peserta dari tokoh masyarakat, berbagai organisasi masyarakat, perangkat desa, pedagang rokok, pengusaha rokok, karang taruna dan ibu-ibu PKK. Rabu/20/03/2019

Bagian Hukum Setda Kudus ini menghadirkan Narasumber dari, Polres Kudus, Kejaksaan Kudus, Pengadilan Negeri Kudus dan Bea Cukai Kudus

Kepala Bagian Hukum Suhastuti, SH mengatakan Maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan Sosialisasi ketentuan Bidang Cukai 2019 ini Peserta di harapkan pengetahuan tentang masalah cukai, merupakan hal yang wajib di ketahui bagi seluruh masyarakat selain para pelaku usaha dan pasar, karena wilayah kabupaten Kudus merupakan wilayah yang cukup strategis secara ekonomis, maupun kultur sosial budaya.

Cukai merupakan salah satu sumber pendapatan penting bagi pemerintah, disamping cukai juga memberikan dampak luas terhadap penyerapan tenaga kerja.telah kita ketahui bersama, bahwa kabupaten Kudus merupakan wilayah penghasil dan memiliki industri/pabrik rokok, oleh karena itu perlu diketahui bahwa hasil cukai tembakau merupakan sumber penerimaan negara yang hasilnya dibagikan oleh pemerintah kepada seluruh daerah otonomi. kabupaten Kudus juga secara rutin mendapatkan porsi dana bagi hasil cukai hasil tembakau ( dbhcht ). “Tuturnya”

Suhastuti melanjutkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau yang selanjutnya disingkat DBHCHT adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang dialokasikan kepada Daerah berdasarkan angka prosentase untuk mendanai kebutuhan Daerah dalam rangka desentralisasi.

PROSENTASE PEMBAGIAN DBHCT 30% untuk provinsi penghasil, 40% untuk kabupaten/kota penghasil, dan 30% untuk kabupaten/kota lainnya.

Dana bagi hasil cukai di Kabupaten Kudus ini untuk Peningkatan kualitas bahan baku, Pembinaan industry, Pembinaan lingkungan social, Sosialisasi ketentuan di bidang cukai dan/atau Pemberantasan barang kena cukai ilegal yang berasal dari DBHCT yang dibuat di Indonesia.”tutupnya”

`